Blog

Latest News

Apakah Rumahmu Termasuk Rumah Yang Sehat?

Dproperty.co.id – Rumah yang sehat adalah rumah impian bagi setiap orang. Karena rumah yang sehat mendatangkan dampak positif bagi penghuninya. Jika rumah kotor, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan, dan mengganggu kesehatan bagi penghuninya. Rumah yang sehat terdiri dari beberapa aspek termasuk perawatan yang baik, bebas hama, bersih, kering, aman, berventilasi baik, dan bebas kontaminan.

Jika aspek-aspek tersebut diterapkan, rumah Anda akan menjadi tempat tinggal yang sehat dan menimbulkan kenyamanan bagi penghuninya. Ingat slogan rumahku adalah surgaku. Agar tercipta slogan tersebut buatlah rumah anda senyaman dan sebersih mungkin. Berikut saya berikan beberap tips agar rumahmu termasuk rumah yang sehat:

1. Pencahayaan Yang Cukup

Rumah yang kurang terpapar cahaya menyebabkan gangguan konsentrasi dan juga suhu didalam rumah menjadi lembab, rumah yang lembab akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menimbulkan sarang penyakit.

Di pagi dan siang hari sinar matahari harus dapat masuk ke dalam rumah, khususnya kamar tidur. Hal ini akan membantu kita bangun pagi dan membantu melancarkan kinerja otak serta metabolisme tubuh.

2. Ventilasi Udara

Buatlah ventilasi udara yang cukup pada rumahmu, agar pertukaran udara didalam rumah menjadi lancar. Ventilasi berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk dihirup. Seiring dengan keluarnya udara dari dalam, ventilasi juga menjadi saluran keluarnya polusi dari dalam rumah.

3. Jaga Kebersihan Rumah

Seindah apapun rumah anda akan menjadi sia-sia jika tidak dijaga kebersihannya.Rutin bersihkan rumah anda pada dari debu dan sampah. Jangan lupakan sudut-sudut di rumah anda, buang sampah secara rutin agar sampah tidak menumpuk dan menimbulkan bau. Rumah akan terasa lebih indah jika bebas dari kotoran, dan tentunya menyehatkan bagi para penghuninya. So guys jangan lupa bersihkan rumah ya.

4. Saluran Air Yang Bersih

Pastikan sumber air di dalam rumah bersih. Air adlah sumber utama kehidupan. Setiap aktifitas yang dilakukan seperti mandi, masak,mencuci membutuhkan air yang bersih dan lancar.

5. Taman Hijau

Buatlah taman hijau disekitar rumahmu, kamu dapat memanfaatkan pekarangan rumahmu untuk menanam berbagai tanaman agar rumah kelihatan lebih asri dan sejuk, sehingga tidak menimbulkan kegersangan pada rumah anda.

Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki pekarangan yang luas, sekarang sudah banyak taman yang dapat dibentuk dari halaman yang sempit atau yang tidak memiliki pekarangan. Contohnya taman vertikal.

6. Saluran Pembuangan Yang lancar

Saluran pembuangan air yang tersumbat akan mendatangkan banyak masalah, seperti bau yang tidak sedap, dan menjadi sumber kuman.

7. Bebas Dari Genangan Air

Pastikan lingkungan rumahmu tidak ada air yang tergenang, air yang tergenang akan menjadi sarang jentik-jentik nyamuk demam berdarah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *