Blog

Latest News

Bingung Mau Bangun Rumah? Atau Beli Rumah?

Dproperty.co.id – Rumah merupakan kebutuhan utama setiap individu,  jadi setiap orang pasti memimpikan untuk memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan. Buat kaian yang masi belum memiliki rumah pribadi, dan masih merasa bingung mau bangun rumah atau membeli rumah yang sudah jadi?.

Membangun rumah atau membeli rumah yang sudah jadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah dan membangun rumah:

1. Membangun Rumah

Membangun sebuah rumah membutuhkan suatu proses yang panjang, kamu tidak hanya harus menemukan tanah dan lokasi yang sesuai, kamu juga harus memikirkan rancang bangun rumah yang akan kamu bangun, untuk itu kamu harus konsultasi terlebih dahulu dengan seorang arsitek, selain itu kamu juga harus memilih setiap bahan-bahannya seperti jenis kayu, semen dan yang lainnya.

Dan juga perlu memikirkan tentang sistem, seperti apakah lahan tersebut memberi Anda akses ke air kota dan limbah, atau memerlukan sistem sumur dan septik, beserta izin lingkungan dan lainnya.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah kamu memiliki rumah yang sesuai dengan impianmu,dekorasi ruangan yang sesuai dengan karaktermu, dan bagi banyak orang faktor ini yang menjadi penyebab utama mereka lebih memilih untuk membangun rumah daripada membeli rumah yang sudah jadi.

2. Membeli Rumah

Jika kamu membeli sebuah rumah jadi maka kamu tidak perlu repot-repot memikirkan desain atau pun material yang diperlukan. Kamu hanya tinggal menempatinya dan memindahkan barang-barang yang kamu miliki. Selain itu jika kamu membeli sebuah rumah di kawasan perumahan kamu akan mendapatkan lingkungan dan fasilitas yang terjamin, mulai dari segi keamanan, kenyamanan, kepraktisan hingga keserasian. Sejauh ini faktor keamanan merupakan kebutuhan pokok bagi penghuni rumah jadi.

Akan tetapi kamu tidak bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginanmu, maka kamu perlu melakukan beberapa renovasi untuk mendapatkan desain rumah sesuai dengan keinginanmu. Selain itu kamu juga harus melakukan beberapa research sebelum membeli rumah, tentang bagaimana lingkungan sekitar, faktor keamanan, dan apakah developer penyedia kpr terpercaya?

Jadi, sudah dapat gambaran? mau beli rumah atau bangun rumah?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *