Blog

Latest News

Contoh Rumah Bambu Dan Tips Pembangunannya

Dproperty.co.id – Rumah bambu adalah rumah yang dibangun dengan bahan dasar menggunakan bambu. Mungkin bagi sebagian
orang rumah bambu masih dianggap rumah murah yang tidak layak huni atau tidak keren. Padahal jika diamati lebih jauh rumah bambu adalah rumah yang sangat unik dan tentu saja menarik.Selain itu unsur alam juga lebih lekat dengan rumah bambu, kesejukan dan ketenangan akan lebih terasa.Walaupun bahan dasar menggunakan bambu, bukan berarti bagian konstruksi rumah juga menggunakan bambu.Apalgi untuk bagian atap. Rumah bambu mungkin terlihat sedikit kuno, akan tetapi dengan kreatifitasditambah desain yang sedikit unik, rumah bambu dapat menjadi hunian yang menarik dan juga unik.

Rumah bambu juga memiliki beberapa keunggulan seperti h, tahan terhadap guncagan gempa bumi karena bambu memiliki berat yang berada dibawah berat dari batu sehingga tahan terhadap guncangan
gempa bumi, senadainyapun roboh resiko kejatuhan dinding yang terbuat dari bambu tak akan separah dengan dinding tembok yang terbuat dari batu apabila jatuh mengenai kita. keunggulan lainnya
adalah rumah bambu memiliki nilai estetika yang tinggi karena desain rumah bambu unik dan berbeda dari kebanyakan rumah. Selain itu rumah bambu jugalekat dengan alam, biaya pembangunan yang lebih murah dan masih banyak lagi. Dan jika memiliki lahan yang sedikit lebih luas kalian dapat menambahkan taman dan kolam ikan pada area depan atau samping rumah, agar kesan pedesaan yang menyejukkan semakin terasa.

Tertarik untuk membuat sebuah rumah bambu? berikut saya berikan beberapa contoh rumah bambu sebagai referensi anda

1.Rumah Bambu Lantai Dua

Rumah berlantai dua cocok untuk keluarga besar, karena ukuran lebih lebar, dan ruangan juga lebih banyak.

2. Rumah Panggung

Rumah bergaya panggung identik dengan suku melayu, rumah seperti ini cocok untuk di daerah dataran rendah. Selain itu udara dan cahaya akan lebih leluasa masuk dari celah-celah bambu.

3. Rumah Bambu Minimalis

Rumah bambu juga bisa di desain bergaya minimalis, kesan modern dan natural akan terasa dengan desain seperti diatas.

Sebelum membangun sebuah rumah bambu ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1.Pemilihan Bambu

Periksa diameter bambu terlebih dahulu, dan pastikan persediaannya. Pada beberapa jenis, bambu yang telah berusia tua lebih kuat jika dibandingkan dengan bambu yang berusia muda oleh karena itu disarankan pilihlah bambu yang berusia tua.

2. Lakukan Pengawetan

Bambu yang akan digunakan sebaiknya diawetkan terlebih dahulu agar dapat mencegah gangguan dari hewan-hewan yang dapt merusak konstruksi bambu seperti rayap.  Caranya bisa melalui perendaman maupun pengawetan bahan kimia yang bisa mengawetkan bambu.

3. Gunakan Paku Pasak

Sebaiknya gunakan paku pasak jangan paku besi,Model paku pasak dibuat dari bambu atau kayu yang dipotong kecil-kecil sehingga mempunyai bentuk menyerupai paku. Untuk membuat lobang dapat dilakukan dengan bor. Paku besi dapat berkarat sewaktu-waktu, dan itu dapat merusak konstruksi bambu itu sendiri. Dan paku besi pasti lebih keras dari bambu dan itu dapat menyebabkan keretakan pada bambu.

4. Gunakan Cat Ramah Lingkungan

Gunakan cat yang ramah terhadap bambu, jangan rusak keaslian warna bambu. Gunakan cat transparan atau palmir yang dapat emmunculkan tekstur dan warna asli dari bambu.

5. Sesuaikan Desain Dengan Lingkungan Sekitar

Sesuaikan juga desain rumah bambu dengan lingkungan sekitar, agar tercipta suatu keharmonisan antara rumah yang anda bangun dengan lingkungan sekitar rumah. Bisa juga ditambahkan material lain seperti batu alam, jenis kayu lain, penambahan bambu air dalam rumah atau hiasan alami lainnya.

6. Perawatan

Jangan lupa untuk merawat rumah yang sudah dibangun, bersihkan selalu dan jauhkan dari serangga yang dapat merusak konstruksi bangunan.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *