Blog

Latest News

Dasar-Dasar Membuat Denah Rumah

Dproperty.co.id – Cara membuat denah rumah bukanlah kemampuan umum semua orang. Namun semua orang bisa mempelajari cara membuat denah rumah secara sederhana dan mendasar. Tak hanya sekedar hobi, memahami cara membuat denah rumah bisa membantumu merealisasikan rumah impianmu menjadi kenyataan dengan lebih presisi.

Mulai Cara Membuat Denah Rumah dari Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Langkah awal cara membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar berbagai aktivitas kegiatan dari setiap penghuni yang akan menghuni rumah tersebut, mulai dari aktivitas pendukung hingga aktivitas utama.

Cara membuat denah rumah selanjutnya setelah kamu mengetahui aktivitas adalah menentukan kebutuhan ruang apa saja yang diperlukan untuk mengakomodir berbagai aktivitas tersebut. Dalam tahapan cara membuat denah rumah ini, kamu mungkin mengeliminasi atau menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas jika diperlukan untuk efisiensi denah.

Pelajari & Riset Mengenai Standar serta Kebutuhan dari Setiap Ruang

Kini kamu sudah mengantongi berbagai kebutuhan ruang interior rumah, cara membuat denah rumah selanjutnya adalah riset mengenai kebutuhan ruang tersebut. Mulai dari standar ukuran dari setiap ruang, hingga berbagai kebutuhan dasar dari ruangan seperti apakah ruang membutuhkan bukaan atau tidak perlu kamu ketahui.

Cara membuat denah rumah ini penting untuk memastikan setiap penempatan ruang di denah tidak mengganggu dan sesuai dengan standar tersebut.

Mulai Buat Korelasi akan Setiap Ruang dan Zonasi Penempatannya

Cara membuat denah rumah selanjutnya adalah menghubungkan kebutuhan ruang tersebut satu sama lain. Misalnya ruang kamar tidur erat dengan kamar mandi sehingga harus berdekatan, ruang makan erat dengan dapur dan juga ruang keluarga sedangkan ruang dapur harus berada jauh dari dapur dan sebagainya.

Setelah itu, cara membuat denah rumah selanjutnya adalah memberikan zonasi pada diagram hubungan antar ruang tersebut. Bagian mana yang merupakan area privat, publik dan servis. Pastikan setiap zona tidak saling overlap dan mengganggu kenyamanan satu sama lain.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *