Blog

Latest News

Gaya Minimalis di Masa Mendatang

Dproperty.co.id – Gaya minimalis akan terus ada meski di masa mendatang gaya ini akan digantikan oleh gaya lainnya. Agar kita tak mudah gentar pada perubahan tren, sebaiknya dipikirkan secara matang benarkah gaya ini atau gaya itu yang kita inginkan? 

Desain rumah minimalis akan lebih indah dengan tekstur

Bila mendekorasi ruangan dengan warna putih atau warna netral bukan selera kita, ada satu cara mengatasinya. Yaitu dengan mengaplikasikan tekstur pada desain rumah minimalis. Baik tekstur kayu atau batu bisa dipadukan dalam satu ruangan, asalkan tiap tekstur masih mengandung nada yang sejenis. Bila kita sudah punya ruangan dengan warna putih sebagai warna utama, obyek bertekstur sebaiknya mengandung warna beige, abu-abu, kecoklatan, atau warna apa pun yang bisa kita lihat saling berdampingan di alam. Kamar mandi pada contoh memadikan tekstur licin dinding keramik putih, atap kayu, dan lantai keramik abu-abu bertekstur kasar. Menempatkan seminim mungkin material, warna, dan tekstur berbeda tetap harus menjadi prioritas agar tercapailah ruangan bernuansa minimalis sesuai yang diinginkan. 

Ruang kosong dan titik perhatian

Ruang kosong dianggap sebagai elemen penting pada desain rumah minimalis, mengingat ruang bersinergi dengan obyek dan menentukan penampilan. Ruang kosong memang adalah realisasi dari filosofi kesederhanaan gaya minimalis. Akan tetapi tidak ada kehidupan di dalam kekosongan. Dengan demikian, ruang kosong tidak lengkap tanpa elemen penting lainnya, yaitu titik perhatian (focal point). Fasad rumah minimalis pada gambar adalah contoh bagaimana memadukan ruang kosong dan titik perhatian secara halus tanpa kehebohan. Dinding rumah beratap datar adalah wujud nyata ruang kosong. Sedangkan pintu depan berwarna coklat tua dan dinding bernuansa kecoklatan adalah representasi dari titik perhatian. 

Bermain dengan pola

Walaupun kesederhanaan adalah prinsip dalam desain rumah minimalis, itu bukan berarti kita tak bisa mengaplikasikan pola di dalamnya. Pola bisa diaplikasikan pada furnitur, elemen dekorasi, atau menjadi bagian dari ruangan itu sendiri. Sedangkan pola yang cocok untuk desain rumah minimalis adalah pola yang tidak rumit, berwarna senada, dan tidak mendominasi ruangan. Pola yang bisa kita lihat dalam contoh ini adalah ide brilian karena diaplikasikan dalam bentuk aksen dinding abu-abu. Di sini, pola sekaligus menjadi focal point dalam interior rumah berdinding merah jambu. Sedangkan aksen dinding sangat tepat untuk ruang kecil karena bisa membantu menambah dimensi ruangan secara visual. 

Kekuatan obyek sederhana

Menerapkan desain rumah minimalis bukan berarti kita tidak bisa mendekorasi rumah kita. Hal yang harus diingat adalah gunakan elemen dekoratif sebagai elemen dan jangan berlebihan. Hindari sekelompok obyek kecil sebagai elemen dekoratif, sebaliknya pilih satu dua obyek berukuran besar. Pada gambar, lampu duduk dan vas bunga menjadi elemen dekoratif yang tidak menyolok mata karena ditempatkan di nakas (meja samping tempat tidur) dengan tinggi sejajar tempat tidur. Sementara lemari dinding tempel di atas tempat tidur adalah obyek sederhana yang membuat kamar tidur ini lebih nyaman dipandang. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *