Blog

Latest News

Kesan Warna Terhadap Ruang Interior

Dproperty.co.id – Di antara banyaknya kesan, atau sebut saja citra visual, yang terdapat dalam ruang-ruang interior, ada beberapa yang dapat dengan mudah diterapkan. Kesan-kesan atau citra visual ini sangatlah berguna, bukan saja karena sebagian besar orang menganggapnya penting, tetapi juga karena kesan yang muncul pada sebuah ruang, menjadi nilai tambah kenyamanan bagi setiap penggunanya.

Suasana Ruang dengan Kesan Megah atau Monumental

Ruangan dengan kesan megah atau monumental, biasanya diterapkan dalam bangunan-bangunan yang memiliki sifat sakral, atau kudus, atau keramat.

Kesan megah dan monumental adalah soal persepsi manusia, terutama dalam hal yang serius, suci, bersih, dan hal-hal “akbar” lainnya.

Kesan ini biasanya muncul pada bangunan tempat ibadah, gedung-gedung petinggi Negara, ruangan khusus tertentu, ataupun bisa muncul pada ruangan-ruangan khusus lainnya.

Ruang dengan kesan megah bisa diterapkan dengan penggunaan material dan warna-warna yang khas dengan karakteristik yang lebih menekankan unsur pengulangan pada elemen interiornya.

Dan, perlu Anda perhatikan, terdapat hal yang paling mencolok dalam ruangan berkesan megah monumental ini, yaitu ukuran ruang yang luas dengan elevasi yang tinggi.

Suasana Ruang dengan Kesan Akrab atau Intim

Citra visual ruang dengan kesan akrab atau intim ini, biasanya banyak diterapkan pada interior rumah tinggal, atau pada ruang-ruang dengan sekala kecil. Suasana seperti ini memang banyak dikreasi untuk bangunan residensial atau hunian tinggal.

Untuk mendapatkan kesan ruangan yang akrab dan intim, bisa diciptakan dengan penempatan posisi atau layouting ruang yang dekat dan tidak berjauhan.

Layout funiture yang saling berhadapan, menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kesan akrab dan intim dalam ruangan.

Aksen warna juga berpengaruh besar pada kesan atau suasana ruang yang akrab dan intim. Penggunaan material yang memiliki keseimbangan warna yang cool dan warm, juga bisa menambah kesan tersebut. Tetapi, ini hanya bisa dicapai jika warna warm digunakan secara dominan.

Kesan akrab dan intim ini juga bisa muncul jika ditunjang pengunaan furniture yang tidak memiliki unsur sudut berlebih. Karena, suasana akrab dan intim ini berhubungan erat dengan unsur kenyamanan yang tercipta dari penggunaan model furniture tersebut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *